SADARKAH ANDA, ROTASI BUMI MELAMBAT... INI DIA DAMPAKNYA !

Assalamu'alaikum rekan-rekan ! Sadarkah Anda, ternyata perputaran atau rotasi bumi tidak sama seperti sebelumnya. Rotasi bumi makin melambat dari sebelumnya. Berikut penjelasannya !

Tim ilmuwan meneliti bahwa rotasi Bumi menjadi semakin lambat karena pemanasan global yang mencairkan gletser di kutub. Apa dampak dari melambatnya rotasi Bumi bagi kehidupan?

 

Menurut para ilmuwan, lapisan es yang mencair dan naiknya permukaan air laut berhasil menggerakan sumbu rotasi kurang dari 1 sentimeter per tahun selama abad 20.

Mengutip situs CNN, rotasi Bumi melambat sekitar 1 milidetik per hari. Hal ini dapat menyebabkan hari di Bumi menjadi semakin lambat.

Profesor dari University of Alberta, Mathieu Dumberry mengklaim bahwa satu hari di Bumi nantinya bisa bertambah hingga 1,7 milidetik dalam waktu satu abad ini. Meski tidak terlalu dramatis, melambatnya waktu diyakini akan terus meningkat dari tahun ke tahun.
Satu mekanisme dari pemanasan global yang paling berpengaruh adalah mencairnya gletser di tiap kutub Bumi yang kemudian tertarik ke arah khatulistiwa.
Mitrovica mencatat, melambatnya rotasi Bumi sejatinya tidak menimbulkan bahaya bagi kehidupan di planet ini.

Sebelumnya NASA juga mencatat hal lain yang memengaruhi rotasi Bumi, yaitu gempa bumi di Jepang pada 2011. Gempa bumi dahsyat itu justru 'memintas' waktu sebanyak 1,8 juta mikrodetik.


Demikian sekilas info hari ini, semoga bermanfaat  !
LIKE & SHARE
loading...

1 Response to "SADARKAH ANDA, ROTASI BUMI MELAMBAT... INI DIA DAMPAKNYA !"